• Kalender

    April 2011
    M T W T F S S
    « Mar    
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    252627282930  
  • Penulis

Sound Card

Anda pasti tahu soundcard / kartu suara kan ? Ya, soundcard adalah salah satu device yang ada di dalam CPU. Dulu, sebelum ditemukan kartu suara, sebuah PC hanya bisa mengeluarkan bunyi “beep”. Meskipun komputer tersebut bisa mengubah frekuensi dan durasi bunyi beep tadi, tapi tetap saja tidak bisa mengubah volume atau membuat suara lainnya.

Pada awalnya, bunyi beep/bip tadi bertindak terutama sebagai sinyal atau peringatan. Kemudian, para pengembang menciptakan musik untuk game yang dapat dimainkan di PC dengan menggunakan bunyi titinada dan panjang beep yang berbeda. Sayangnya, musik ini terdengar tidak terlalu realistis 

Untungnya, kemampuan suara komputer meningkat pesat di tahun 1980-an, ketika beberapa produsen memperkenalkan kartu add-on yang diperuntukkan untuk mengontrol suara. Sekarang, sebuah komputer dengan kartu suara dapat melakukan jauh lebih dari sekedar bunyi beep. Soundcard jaman sekarang selain dapat menghasilkan suara 3-D untuk game atau suara ber-fitur surround untuk DVD, juga dapat menangkap dan merekam suara dari sumber eksternal.

Analog vs Digital

Suara dan data komputer pada dasarnya adalah berbeda. Suara berbentuk analog yang terbuat dari gelombang yang melakukan perjalanan menembus materi. Orang-orang mendengar suara pada saat gelombang fisik bergetar pada gendang telinga mereka. Komputer, bagaimanapun, berkomunikasi dengan kita secara digital, menggunakan impuls listrik yang mewakili 0s dan 1s. Seperti kartu grafis, kartu suara menerjemahkan antara informasi digital yang berasal dari komputer dan informasi dari dunia luar yang berbentuk analog. Suara terbuat dari gelombang yang berjalan melalui media, seperti udara atau air.

Bahan pembuat soundcard yang paling mendasar adalah sebuah papan sirkuit cetak (PCB) yang menggunakan empat komponen untuk menerjemahkan informasi analog dan digital:

* Sebuah konverter analog-ke-digital (ADC)
* Sebuah konverter digital-ke-analog (DAC)
* Sebuah interface ISA atau PCI untuk menghubungkan kartu tersebut ke motherboard
* Input dan output untuk koneksi mikrofon dan speaker

Kalau biasanya ADC dan DAC terpisah, ada beberapa kartu suara yang menggunakan chip coder / decoder, yang disebut CODEC, yang melakukan kedua fungsi di atas. Sebuah kartu suara harus menerjemahkan antara gelombang suara dan bit dan byte.

http://artikel-it.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: